foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Pelayanan Iman & Doa
www.pidmedia.net
PID

Pelayanan Kristen (Christian Ministry Church) Badan Hukum : Departemen Agama RI no.156 Tahun 1990, Motto PID adalah MELAYANI YANG BELUM TERLAYANI, Donation; Bank Central Asia (BCA), Account No : 3312172299,Beneficiary name : Christi Yana Rahayu atau Pudjianto +++ Swift Code: CENAIDJA ;Beneficiary Bank Name: Bank Mandiri, Beneficiary Branch: KCP Batu,Beneficiary Account No: 144-00-1556515-0, Beneficiary name: Pudjianto/Monika Maria Paramita +++ Swift Code: BMRIIDJA +++ +++

Visitors Counter

763725
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
634
1607
5153
749636
634
35729
763725

Your IP: 18.232.51.69
Server Time: 2020-04-01 12:11:55

radiopid

 

HIDUP RUKUN DENGAN SESAMA

(Maz 133)

     Sebuah Gereja memberikan tema  Mazmur 133, siapapun yang kotbah dari Minggu pertama sampai Minggu terakhir satu dasar yang dikotbahkan Mazmur 133 itu saja. Memang tidak diberitahukan apa yang menjadi latar belakang sehingga penting Gereja tersebut setiap pengkotbahnya mengkotbahkan dengan tema tersebut. Demikian juga ketika Daud menulis Mazmur yang untuk kepentingan Ziarah itu juga tidak tahu alasannya apa sehingga Daud  menulis demikian. Seorang hamba Tuhan mengatakan bahwa sebenarnya Mazmur tersebut ditujukan kepada para Imam. Di mana suatu himbauan kepada para imam untuk antara satu dengan yang lain hidup penuh dengan kerukunan. Karena bagaimanapun mereka adalah pimpinan yang menjadi tontonan umat di dalam kehidupan sehari-hari. Janganlah mereka memberi  teladan yang tidak baik dengan pertengkaran, perkelahian, ataupun permusuhan.

 

    Ada lagi yang mengatakan bahwa Mazmur ini ditujukan untuk kehidupan keluarga. Sebagian diantaranya banyak yang tidak rukun dengan keluarganya, misalnya Abraham dan Lot, demikian juga Kain dan Habil, Yakub dan  Esau, demikian juga Yusuf dan saudara-saudaranya. Hal yang demikian kurang manis jika dilihat orang. Maka perlu Masmur kerukunan ini dikumandangkan dalam ibadah-ibadah umat.

   Ada lagi yang mengatakan bahwa Mazmur ini dipujikan pada masa perayaan agung Umat pilihan Allah. Karena begitu banyaknya orang yang datang ke kota suci, maka jalanan jadi penuh, dan orang begitu egois untuk tidak melihat kepentingan orang lain, sehingga bisa jadi akan terjadi pertengkaran.

    Apapun alasannya sebenarnya hidup rukun itu adalah mendatangkan kenyamanan dan ketentraman. Oleh karena itu gambaran yang dibuat oleh Pemazmur ini begitu indahnya.

Di gambarkan hidup penuh kerukunan itu seperti minyak yang baik di atas kepala harus yang meleleh ke janggutnya, itu menggambarkan kesegaran. Wewangian yang dipakai membuat orang menarik nafas segar. Kehidupan yang penuh dengan kerukunan pasti membuat kesegaran di mana-mana akan bertebaran senyum, dan tawa. Tidak perlu dada berdesir sakit ketika bertemu dengan orang yang  memusuhinya. Karena memang kebersamaan dan kerukunan terbangun di dalam kehidupan bersama itu.

   Digambarkan lagi seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung sion. Konon di sana Gunung Hermon puncaknya dipenuhi salju. Salju itu mencair dan menjadi air yang mengaliri pengunungan yang dibawahnya membuat tanah-tanah disekitar subur dan membuat makmur dan kelimpahan. Jelasnya kehidupan yang rukun, akan mendatangkan kesempatan untuk melakukan banyak hal, khususnya dalam mencukupi kebutuhan hidup. Hidup rukun dengan sesama, mendatangkan banyak kesempatan melakukan hal yang baik.

TIDAK ADA KEINDAHAN LAIN KECUALI JIKALAU DIANTARA KITA RUKUN KARENA DENGAN KERUKUNAN LEBIH BANYAK BISA MELAKUKAN SEGALA SESUATU YANG MENDATANGKAN KEMULIAAN TUHAN.


Copyright © 2020 PID MEDIA Rights Reserved.