PENYERTAAN TUHAN DINYATAKAN BERBAGAI CARA

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku

PENYERTAAN TUHAN DINYATAKAN BERBAGAI CARA

(Kejadian 39-40)

“Dimanakah Allah ketika aku sedang didera penderitaan?”, demikian kata sebagian orang yang imannya kurang teguh ketika derita itu menempuh hidupnya.  Berbeda dengan Yusuf ketika dia direnggut dari rumah Potifar, di mana ia mengabdi. Di rumah Potifar pejabat yang tinggi itu, ia dipercaya, ia sudah menikmati bagaimana nyamannya hidup. Namun, tiba-tiba harus direnggut dari kenyamanan itu dan terlempar di dalam penjara. Pada jaman dulu penjara itu dibawah tanah, jadi dingin dan gelap. Namun, Yusuf tidak meragukan bahwa di manapun dia berada, Tuhan ada, dan Tuhan menyertai. Penyertaan Tuhan ketika Yusuf di penjara  itu dinyatakan melalui kepala penjara. Benar apa yang tertulis: “Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu”(Kejadian 39:21). Yusuf di percaya untuk mengurus semua tahanan di situ,dan segala pekerjaan dipercayakan kepadanya. Yang mengherankan, bahwa keadaan dan kenyataan hidup yang demikian, Yusuf tidak pernah mengeluh, ia jalani hidup ini dengan mengalir saja.

Untuk kita sikap Yusuf  itu adalah merupakan pelajaran yang sangat berharga. Jalani hidup ini dengan menyandarkan kepada Tuhan seutuhnya. Jalani hidup ini dengan ikhlas apapun  keadaan dan kenyataannya. Memang secara manusia rasanya menghadapi  jalan buntu, tidak ada harapan. Namun, jikalau kita percaya kepada Tuhan, Dia yang menyertai kita tidak pernah kehilangan cara di dalam menolong kita. Dia juga tidak kehilangan cara di dalam menghibur dan menguatkan kita di tengah-tengah derita  yang sedang menempuh hidup kita. Sabda Tuhan: “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku”(Mazmur 23:4).

 

JIKA MELIHAT JANJI TUHAN, MAKA MENGHADAPI SITUASI BAGAIMANAPUN TIDAK MENJADIKAN KITA TAKUT DAN CEMAS